Friday, January 25, 2019

Tips Keamanan Akun dari Web Phishing

web_pishing

Tips penting menjaga keamanan akun keanggotaan/kememberan ini adalah sesuatu yang sangat penting berhubung saat-saat in begitu banyak web phishing yang beredar di dunia online,jangan sampai di anggap remeh demi keamanan akun keanggotaan yang anda miliki. Terutama berkaitan dengan akun-akun keanganggotaan yang terhubungan dengan data-data penting anda atau keuangan. Maka perlu perhatian serius sebelum datang kata menyesal menghampiri anda.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan inti akan lebih baiknya bila kita mengetahui secara benar dengan apa yang disebut dengan Website phishing.

Web phising adalah website yang sengaja dibuat oleh orang tertentu dengan meniru tampilannya sehingga terlihat sama bahkan persis dengan website aslinya. Bukan hanya itu saja namun domain-nya (alamat/url webnya) pun dipilih semirip mungkin dengan alamat website yang aslinya.

contoh alamat web payypal.com, payppal.com, dan lain-lain. padahal yang benar adalah paypal.com.

Apa tujuan Website Phishing?:
Yaitu untuk mendapatkan data login pada akun seseorang,agar pemilik website phisin tersebut bisa membuat akses ke akun orang lain. Bahkan bisA MENIPAKAN kerugian pada akun yang telah didapatkan data loginnya. BISA KERUGIAN YANG MENYANGKUT DATA DAN KEUANGAN.
Maka berhati-hatilah dan jeli bila menemukan aktivitas yang mencurigakan (tidak dikenali dan tidak wajar) di akun kememberan/keanggotaan Anda, terdapat kemungkinan bahwa ada orang lain sedang menggunakannya tanpa seizin Anda. Hal-hal yang memungkinkan jadi penyebab akun dapat diretas.
Beberapa sebab akun Anda dapat digunakan orang lain adalah:
1. Anda melakukan akses dan login pada website phishing yang alamat domain/url dan tampilannya menyerupai website resmi atau aslinya.
2. Kata sandi akun atau password yang anda gunakan terlalu mudah untuk ditebak seperti hurup rata, nama, tanggal lahir, angka berurutan, nomor telpon.
3. Menggunakan aplikasi yang bukan didapatkan web asli/non-official dari web resminya.
4. Menggunakan alamate-mail dan password yang sama antar website (maksudnya; alamat e-mail dan kata sandinya yang anda gunakan sama dibeberapa web keanggotaan anda).
5. Menyimpan data e-mail dan password dalam aplikasi cloud atau drive online
(penyimpanan online).
6. Tidak mengaktifkan fitur keamanan (2FA-keaman berlapis) tambahan yang disediakan. Contoh: Google Authenticator
7. Terdapat malware yang menginfeksi perangkat Anda. Contoh: Keylogger, Virus dan lainnya.

Dari adanya unsur seperti di atas ini adalah Indikasi Akun Anda Dalam Kondisi Tidak Aman. Maka terdapat beberapa indikator yang harus diwaspadai untuk melihat apakah akun Anda sedang diretas.

1. Adanya aktivitas transaksi keuangan dan aset digital yang mencurigakan (tidak dikenal dan tidak wajar) pada riwayat transaksi Anda
2. Perubahan data pada akun seperti e-mail dan nomer hp di luar sepengetahuan Anda
3. Perubahan setelan keamanan seperti di nonaktifkannya 2FA tanpa sepengetahuan Anda

Lalu Langkah Apa Saja Yang Harus Dilakukan Jika Anda Mengetahui Akun Anda Telah Diretas:
1. Segera ganti password dan mengaktifkan 2FA (Google Authenticator)
2. Hapus seluruh API yang aktif di akun Anda
3. Anda dapat mengunci akun melalui e-mail konfirmasi login yang dikirimkan dan akun akan dikunci selama 24 jam
4. Segera hubungi tim support Indodax melalui e-mail pada alamat support@indodax.com dengan mencantumkan kronologinya

Beberapa Langkah Untuk Menjaga Keamanan Akun Anda:
1 Pastikan dengan teliti dengan yakin kalau Anda login hanya pada url/alamat domain yang benar (bukan dari halaman website phishing)
2 Buatlah password yang menggunakan kombinasi unik (seperti; terdiri dari gabungan angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol)
3. Memasang keamanan tambahan (2FA) seperti Google Authenticator/tergantung yang tersedia.
4. Pastikan semua e-mail terkait akun Indodax hanya dari domain "@indodax.com" bukan yang lain
5. Lakukan pemeriksaan secara berkala pada riwayat transaksi akun anda.
6. Pastikan menggunakan aplikasi resmi dari website resminya saja,ini lebih terjaga keamanannya.
7. Usahakan menggunakan kata sandi yang berbeda dengan yang digunakan pada situs lain.
8. Bookmark alamat web keanggotaan penting anda pada browser untuk mengantisipasi akses situs phishing. Lebih terjaga dari kesalahan ejaan alamat.
9. Ikuti Update Operating System dan browser secara berkala. Karena update biasanya selalu disertai dengan update keamanannya juga.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi para pengunjung yang terkait dengan kepemilikan akun online penting .

Sumber; Tulisan di atas bukan hasil saya secara khusus,tapi itu saya dapatkan lewat kiriman e-mail dari indodax. Karena saya merasa ini adalah hal yang penting maka saya pikir ini perlu untuk disharing. Hanya saya rubah-rubah kata-katanya agar tidak terlalu persis.
Ayo berbagi di :

Baca Juga Artikel Terkait Penting Lainnya :