Saturday, February 2, 2019

Cara Reboot/Reset Master/Restart Ulang Android

re_boot_android

Cara reboot/restart master/restart ulang android,apakah ini perlu dan mengapa?. Biasanya me-reboot android,mereset ulang atau master android dibutuhkan dalam kasus-kasus tertentu,seperti :
1. Hp suka mati sendiri. Ada software yang rusak dsb.

2. Android jadi lelet saat aplikai dijalankan,mungkin anda sudah menghapus aplikasi-aplikasi tertentu,tapi tetap sama,lelet.

3. Android anda jadi kurang peka atau responsif. Saat layar disentuh seperti tidak respon,bahkan bisa sampai lama. Bila ini disebabkan rusaknya sofware atau kebanyakan aplikasi yang terinstal dan berjalan,reboot bisa jadi solusi. Berbeda kalau LCD android anda rusak - ke bengkel lah.

4. Suka exite/keluar sendiri aplikasinya (muncul peringatan stoped) bila sedang dijalakan.

5. Atau terinfeksi virus dll.

Dalam masalah seperti di atas anda perlu melakukan reset ulang atau Factory Reset pada android. Agar mengembalikan sistem dan software di android pada kondisi seperti waktu ketika baru keluar dari pabrik. Factory reset dilakukan untuk memperbaiki masalah kerusakan software pada android.
Bila Restart android/reset ulang anda akan mengalami : Data-data dan aplikasi tersimpan di memori internal android akan terhapus. Agar data anda yang penting tidak hilang,silakan anda back up/pindah data atau aplikasi ke kartu memori luar atau laptop/pc sebelum reset ulang dilakukan.
Cara instal ulang (saya memakai android samsung), ada beberapa cara :
1. Melalui Menu Setting/Pengaturan di Android.
a. Cara ini bagi anda yang masih dapat mengakses atau masuk ke menu Setting android.
- Buka menu Android dan buka menu Setting/Pengaturan.
- Geser ke bawah ke menu Backup & Reset.
- Temukan tap Factory data reset.
- Centang yang diperlukan
- Klik pada tap reset device.

Tunggu sampai proses reset selesai beberapa waktu tergantung berapa banyak data android anda. Nanti otomatis android restart sendiri.

b. Bila keyboard android anda masih fungsi dan restart otomatis tidak jalan maka lakukan restart denagn manual,caranya:
Bisa dengan mengetik Kode Rahasia *2767*3855#. Harap lakukan tanpa salah dan ulang ketik ini akan lebih baik.

2. Kalau masih belum bisa dicoba Reset Ulang dengan Recovery Mode
Langkah yang terkuat untuk reset ulang android sebagai langkah pamungkas bila android sudah tidak bisa diakses lagi seperti Bootloop. Untuk masuk ke menu Recovery Mode hanya bisa dilakukan kalau android dalam keadaan mati/off

Perhatikan baterai android mencukupi memadaisetidaknya masih 70% an minimalnya untuk menghindari hal tak diinginkan. Lanhkahnya :

- Android dalam keadaan mati.
- Tekan dan Tahan 3 tombol - Volume Up + HOME + Power bersamaan beberapa detik.
- Manfaatkan tombol Volume Up untuk memilih menu “Factory reset / wipe data”.
- Tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
- Tunggu beberapa saat sampai proses selesai.
- Pilih lagi menu "Reboot System Now". Selesai.

4. Menggunakan aplikasi Fast Reboot untuk melakukan pekerjaan mensimulasikan proses soft-reset dan menutup proses yang berjalan dengan satu tap . Aplikasi gratis dan dapat langsung didownload dan install dari Android Market. Hanya saja mungkin beberapa perangkat Android kadang jadi tidak responsif karena aplikasi ini. Tapi boleh dicoba aplikasi ini untuk mempercepat kinerja Android tanpa harus me-reboot.

Karena memang kerja aplikasi ini tidak me-reboot Android namun dapat menghentikan semua aplikasi yang berjalan di balik layar android dengan 1 langkah. Kalau semua aplikasi di background Android terhenti maka kecepatannya akan kembali seperti baru di-reboot.

Kode Rahasia Reboot Samsung,silahkan diperbesar gambar dibawah biar jelas :

Kode_Reboot_Samsung
Kode_Reboot_Samsung

Semoga membatu,terima kasih kunjungannya !
Ayo berbagi di :

Baca Juga Artikel Terkait Penting Lainnya :